REFISI WAWANCARA MENGENAI KURIKULUM 2013

Sabtu, 27 Desember 2014



WAWANCARA MENGENAI KURIKULUM 2013
IDENTITAS GURU
          NAMA : TIRTA JAJULI
          ALAMAT: JL raya carita km 8. Labuan pandeglang
          STATUS: KAWIN
          USIA: 29 TAHUN
          JABATAN: GURU
                        

HASIL WAWANCARA

DANIL #12 : selamat siang bapak tirta jajuli, maaf menggangu boleh minta waktunya sebentar?
B. TIRTA : silahkan saja, sebentar saya mau ambil minum dulu
DANIL #12 : Begini pa. Saya mendapatkan tugas dari kampus untuk mewawancaraiseorang guru untuk mewawancara atau menanyakan mengenai kurikulum 2013, bolehkan saya meminta bantuan bapak tirta untuk menjadi narasumbernya?
B. TIRTA : yah silahkan, tapi disini saya tidak terlalu banyak tahu tentang kurikulum 2013, jadi kita sharing saja oke

 DANIL #12 : okeh, terima kasih sebelumnya pa. Berkaitan dengan kurikulum 2013 ini,  bagaimana pendapat pak tirta sendiri sebagai guru dengan berubahnya kurikulum?
B. TIRTA :  Yah, saya sendiri sih setuju-setuju saja. Perubahan kurikulum ini kan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di bangsa kita. Bangsa kita ini juga kan mau maju    seperti bangsa lain. Ya semuanya itu dimulai dari pendidikan anak-anak bangsa yang nantinya akan memimpin bangsa ini.
          DANIL #12 :  Menurut bapak, mengapa sih kurikulum yang sebelumnya harus diganti dengan kurikulum baru?  apakah kurikulum yang lama tidak cukup untuk memajukan pendidikan di negri kita ?
B. TIRTA: jadi sebenarnya begini kurikulum yang lama juga sudah bagus, tapi Seiring dengan berkembangnya jaman, Ilmu Teknologi semakin maju, dan persaingan di dunia kerja juga semakin sulit, jadi mungkin pak Menteri memutuskan untuk mengganti kurikulum. Yah, seperti saya bilang tadi, ini semua dalam rangka menghasilkan generasi baru yang lebih baik. Kalau ada yang lebih baik, kenapa yang tidak diganti saja. Begitu kan?
          DANIL #12 : ouh benar juga ya pa. Lalu, Apakah di sekolah tempat bpk mengajar, sudah diadakan sosialisasi tentang pelaksaan kurikulum 2013 ini?
B. TIRTA :  Sosialisasi sih sudah dilaksanakan. Tapinya, sampai saat ini, baru 4 orang guru yang dipanggil. Yaitu 2 guru IPS, (pak bandi & pak andi) guru Senibudaya (pak epul) , dan guru Komputer (pak masra).
          DANIL #12 : Bagi bapak sendiri apakah ada kendala yang dihadapi trhadap kurikulum baru ini ?/

B. TIRTA : kalau untuk kendala sendiri sih ada yah namanyya juga baru yah hahaha, yang pasti kita perlu beradaptasi dengan perubahan kurikulum ini. Kurikulum 2013 ini berubah drastis dari kurikulum sebelumnya. Selain itu juga, semua guru bidang studi dipaksa menguasai IT.    Mungkin bagi guru-guru di kota, hal itu tidak jadi masalah. Tapi bagi kami guru-guru di kabupaten, mungkin butuh pelatihan untuk mendalami IT. Yah begitupun dengan saya sendiri, memainkan komputer juga saya ga ngerti
          DANIL #12 : iya pa benar juga yah, tapi jangan lama lama beradaptasinya takut ketinggalan teknologi lih pak hahaaA. Lalu Bagaimana tentang kesiapan bpk sebagai guru memasuki kurikulum 2013 ini? Apakah sudah matang ?

B. TIRTA :  Siap tidak siap sih. Tapi mau bagaimana lagi. Ini kan sudah keputusan pemerintah. Sebenarnya disini juga guru-guru dipaksa untuk siap. Padahal, sampai saat ini saja belum diadakan pelatihan seperti sekolah sekolah yang ada di kota
          DANIL #12 : Menurut bapak nih, apakah ada kelebihan dari kurikulum yang baru ini?
B. TIRTA : mungkin ada kelebihannya, sepertinya kurikulum ini sudah mulai mengikuti kurikulum di negara-negara yang memiliki kualitas pendidikan baik. Selain itu, disini pemerintah berkeinginan membentuk generasi yang memiliki kualitas terbaik. Dan kalau tidak salah di SMA juga sudah diterapkan system peminatan yang akan langsung menjuruskan siswa ke bidang yang diminati siswa.  Seperti kuliah gitu.
 DANIL #12 : nah itu kelebihanya ya pak, dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan, untuk kekurangannya sendiri menurut bapak apa ?
B. TIRTA : menurut saya kalau kekurangannya, dengan adanya program peminatan di SMA, jumlah guru yang  mengajar harus ditambah. Dan sebenarnya ini tidak efektif. Karena misalnya saja, di kelas  X ada siswa yang awalnya tidak memilih pelajaran B.Inggris. Dan tiba-tiba dikelas XI-nya dia memilih B.Inggris. Guru yang mengajar ya tentu saja bingung. Dengan adanya murid baru, guru harus memutuskan mengulang dari awal, atau mengajar bahan baru.
 DANIL #12 : ya benar juga pak. Kemudian yang ingsin saya tanyakan lagi Apakah yang sebenarnya diharapkan oleh pemerintah dengan berubahnya kurikulum
B. TIRTA : sebenearnya ini sih bukan hanya harapan dari pemerintah saja, ini bisa menjadi harapan kita semua. Yaitu harapanya bisa memajukan pendidika di indonesia dengan mengikuti perkembangan jaman, dan semoga perubahan kurikulum ini bisa menuju ke arah yang lebih baik lagi yah. Amin !
 DANIL #12 : baiklah pa, mungkkin hanya itu saja beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan mengenai kurikulum 2013 ini, terimakasih atas waktunya, dan mohon maaf telah merepotkan
B. TIRTA : iya sama sama nak,  Semoga informasinya bisa bermanfaat bagi kita semua, dan perubahan ini bisa membawa kita ke arah yang lebih baik




Tidak ada komentar:

Posting Komentar