TAKDIR DAN BUNUH DIRI

Senin, 22 Desember 2014

pertanyaan, apakah meninggal karena bunuh diri dapat dikatakan takdir ajal almarhum? sedangkan allah membenci orang yang bunuh diri

Jawaban : abah sarjam

Ajal artinya waktu. Dikaitkan dengan kematian, ajal artinya waktu datangnya kematian kepada seseorang. Karenanya, berbicara ajal berarti berbicara waktu datangnya kematian dan bukan cara datangnya kematian Tersebut.                                                                                                                                                                                                                                    
Ajal merupakan bagian dari takdir mubrom ( taqdir sejak ajali ) yang merupakan rahasia Allah . Adapun cara ajal datang kepada seseorang merupakan hal lain. Bunuh diri misalnya, boleh saja dianggap takdir ketika kasusnya sudah menimpa sehingga kita berkata mengenai orang yang bunuh diri, “Begitulah takdir kematian menimpa dia”. Yang penting, jangan sampai ketika bunuh diri dianggap sebagai takdir, kemudian menjadi pembenaran terhadap perilaku bunuh diri yang kini kian marak.
Mari kita perhatikan dua hadits berikut.

“Rasulullah Saw. bersabda, ‘Barangsiapa membunuh dirinya dengan sepotong besi, maka dengan besi yang tergenggam di tangannya itulah dia akan menikam perutnya dalam neraka Jahanam secara terus-terusan dan dia akan dikekalkan di dalam neraka. Barangsiapa membunuh dirinya dengan meminum racun maka dia akan merasai racun itu dalam neraka Jahanam secara terus-terusan dan dia akan dikekalkan di dalam neraka tersebut untuk selama-lamanya. Begitu juga, barangsiapa membunuh dirinya dengan terjun dari puncak gunung, maka dia akan terjun ke dalam neraka Jahanam secara terus-terusan untuk membunuh dirinya dan dia akan dikekalkan dalam neraka tersebut untuk selama-lamanya.” ( H.R. Muslim )
“Pernah ada seorang yang terluka lalu dia bunuh diri maka Allah Swt. berfirman, ‘Hamba-Ku mendahului aku dalam hal nyawanya sehingga aku haramkan baginya surga.’” ( H.R. Bukhari )
Wallahu a’lam ■

Tidak ada komentar:

Posting Komentar